05 July 2007

Menigkatkan Performa Windows

Salah satu kegemaran saya adalah mengoprek-oprek sistem operasi Windows, khususnya Windows XP. Seringkali saya berupaya untuk selalu meningkatkan performa sistem Windows meskipun spesifikasi komputer yang saya gunakan sudah cukup lumayan cepat. Mungkin ada keasyikan tersendiri bisa mengutak-atik Windows dan mempercepat kinerjanya.

Salah satu kinerja Windows yang sering saya oprek-oprek adalah kinerja startupnya. Tidak seperti OS Linux memang, sistem startup pada OS Windows selalu disembunyikan dibalik logo windows yang berlatar belakang hitam itu. Tapi tidak ada salahnya kan apabila kita berusaha mempercepat kinerja startup Windows.

Pernahkah anda mengalami startup windows yang lambatnya bukan main bahkan sampai terkesan hang hingga 3 atau 4 menit? Terasa tua menunggu taskbar windows muncul di hadapan kita. Sangat menjengkelkan bukan? Padahal banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan waktu itu, apalagi kalo bos sedang menunggu pekerjaan tersebut.

Salah satu penyebab dari masalah tersebut adalah aktifnya feature "Background Intelligent Transfer" yang berjalan beriringan dengan sistem startup-nya Windows. Hal ini dapat kita ketahui setelah kita mematikan seluruh program yang berjalan bersama dengan startup Windows, namun startup komputer kita masih saja berjalan lamban. Saya sendiri seringkali mematikan feature ini.

Ada beberapa cara mudah untuk menoneaktifkan fasilitas ini dari windows. Salah satunya adalah melalui MSCONFIG. Caranya ketik msconfig dari menu Run yang dapat kita jalankan dari menu Start. Tekan Enter, setelah kotak dialog Msconfig terbuka, pindahlah ke tab Services. Kemudian carilah pada kotak list feature "Background Intelligent Transfer" dengan mouse anda dan hilangkan tanda check pada kotak kecil yang ada pada list "Background Intelligent Transfer". Terakhir klik "Apply" dan "OK". Mudahkan?


Cara lain yang bisa kita lakukan untuk men-disable feature ini adalah dengan melalui "My Computer". Klik kanan icon "My Computer" pada desktop anda, kemudian pilih "Manage". Akan muncul kotak dialog "Computer Management". Pada panel sebelah kiri pada kotak dialog tersebut klik tanda "+" dari "Sevice and Application" sehingga memunculkan dropdown dibawahnya. Kemudian pilih "Services" (cara kerjanya mirip dengan Windows Explorer kan). Nah setelah kita memilih "Service" ankan muncul daftar aplikasi yang berjalan pada startup Windows dibagian panel sebelah kanan. Carilah feature "Background Intelligent Transfer". Setelah dapat, klik kanan feature tersebut, pilih "Properties". Pada kotak dialog Properties ini anda dapat mengganti "Startup Type" dan "Service status" dari feature "Background Intelligent Transfer" ini. Gantilah "Startup Type" dengan "Manual" dan "Service status"-nya kita "Stop". Setelah selesi, klik "OK"

Dengan menggunakan "Computer Manajement" ini, kita dapat dengan mudah memilih dan memilah program apa saja yang harus berjalan pada startup Windows. Nah lebih enakkan jika komputer kita bisa booting dengan lebih cepat. Tapi hati-hati, jangan sampai menoneaktifkan feature yang memang dibutuhkan oleh Windows untuk berjalan.

Pada tulisan berikutnya akan saya coba membahas lebih jauh tentang feature apa saja yang dapat kita oprek-oprek agar Windows kita dapat booting dengan lebih cepat.

Selamat Mencoba

No comments: