Data Strategis Kehutanan Indonesia 2008

Dephut pada awal tahun 2009 lalu telah menerbitkan sebuah buku Data Strategis Kehutanan Indonesia tahun 2008. Buku ini berisi tentang tabulasi-tabulasi data mengenai pengusahaan, pengelolaan hutan dan sumber daya hutan di Indonesia.

Berdasarkan buku ini, luas kawasan hutan Indonesia adalah 120,35 juta hektar, data ini didasarkan pada data Paduserasi Tata Guna Hutan Kesepakatan dan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (TGHK dan RTRWP). Namun hingga akhir 2007, masih terdapat 3 propinsi yang belum menyelesaikan proses paduserasi TGHK dan RTRWP-nya, yaitu Propinsi Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah dan Riau.

Selain itu disajikan data perkembangan Produksi Kayu Bulat dan Kayu Olahan 11 tahun terakhir, data perkembangan mutasi kawasan hutan, perkembangan persetujuan prinsip pinjam pakai kawasan hutan selama 6 tahun terakhir, sebaran lahan kritis sampai dengan tahun 2007, data kawasan konservasi per propinsi hingga tahun 2007, dan data-data lainnya.

Namun disayangkan penyajian data deforestasi hutan Indonesia hanya disajikan dalam kurun waktu 5 tahun saja yaitu dari tahun 2000 s/d 2005.

Klik download untuk mendapatkan file buku tersebut. File dalam bentuk PDF


Comments

aldy said…
Sulit untuk mendapatkan data yang akurat, bahkan untuk pelaku kehutanan itu sendiri. Salam.